PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT INDERA MANUSIA KELAS IV SD NEGERI 10 MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 10 Muara Batu Kota Lhoksemawe dalam pembelajaran IPA yang masih rendah khususya pada materi alat indera pada manusia. Hal ini disebabkan karena siswa sulit memahami materi alat indera pada manusia. Selain itu juga karena kegiatan pembelajaran di kelas yang dilakukan masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan pemberian tugas, sehingga motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran kurang baik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat indera pada manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan multimedia agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat indera pada manusia di kelas IV SD Negeri 10 Muara Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan guru di kelas IV SD diperoleh nilai tes akhir siklus I 54%, karena belum mencapai kriteria yang ditetapkan maka harus dilakukan pengulangan siklus. Pada siklus II meningkat menjadi 91% dan telah mencapai kriteria yang ditetapkan. Hasil Observasi siklus I terhadap aktivitas guru diperoleh persentase 81% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%. Sedangkan dari pihak siswa pada siklus I yaitu 82% naik menjadi 93% pada siklus II. Respon siswa belajar dengan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan multimedia menyatakan 90% dan siswa yang tidak senang belajar menyatakan 10%. Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan multimedia pada materi alat indera pada manusia mendapat respon yang baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan multimedia, Alat Indera Pada Manusia