UPAYA MENINGKATKAN LISTENING ABILITY BAHASA INGGRIS MELALUI AUDIO-VISUAL BAGI SISWA KELAS X IPA 4 SMA NEGERI 3 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 3 Langsa Kelas X IPA 4 yang kemampuan siswanya untuk materi mendengarkan bahasa Inggris cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Audio-Visual dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah observasi dan tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Audio-Visual dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I adalah 6,3 untuk prestasi belajar. Dari Siklus I keĀ Siklus II naik menjadi 7,9 untuk prestasi belajar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Audio-Visual dapat meningkatkan prestasi belajar.