UPAYA PENINGKATAN HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PRINSIP PRINSIP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS X MIA I MAN 3 ACEH UTARA

Penulis

  • Yusniah Yusniah MAN 3 Aceh Utara

Abstrak

Materi prinsip prinsip klasifikasi makhluk hidup merupakan salah satu cabang biologi yang berkembang luas dan dapat digunakan sebagai alat pemecahan masalah pada kehidupan nyata. Namun kenyataan dilapangan masih ada peserta didik yang kesulitan  memahami materi tersebut. Salah satu faktor penyebabnya adalah proses pembelajaran membosankan dan tidak menantang siswa. Sehingga hasil dan minat belajar siswa pada materi prinsip prinsip klasifikasi makhluk hidup menjadi rendah. Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan memberi permainan dan kompetisi diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tesebut. Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui peningkatan hasil dan  minat belajar peserta didik pada materi Prinsip Prinsip Klasifikasi Makhluk Hidup di kelas X Mia I MAN 3 Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di  MAN 3 Aceh Utara. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Mia I. Data hasil belajar dikumpul melalui tes hasil belajar. Data minat belajar diperolah dari observasi dan angket. Data aktivitas guru dan aktivitas peserta didik dikumpul dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas yang dilakukan oleh pengamat selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) tergolong positif. Secara keseluruhan penelitian ini dikatakan berhasil karena hasil belajar peserta didik yaitu pada siklus I sebanyak 29,16%, dan pada siklus II menjadi 91,66 %. Minat belajar peserta didik pada kedua siklus menunjukkan peningkatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil dan minat belajar peserta didik pada materi Prinsip Prinsip Klasifikasi Makhluk Hidup di kelas X Mia I MAN 3 Aceh Utara.

Kata Kunci: Model pembelajaran TGT, Hasil Belajar, Minat Belajar, Klasifikasi Makhluk Hidup

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-11-29