PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTU MEDIA FLIPCHART TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 1 GANDAPURA

Penulis

  • Elsa Yerita Marhami Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim
  • M. Rezeki Muamar
  • Rahmawati

Abstrak

Rendahnya keterampilan proses sains siswa merupakan salah satu masalah yang hadapi oleh guru di SMPN 1 Gandapura. Penelitian adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu media Flipchart terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMPN 1 Gandapura. Penelitian ini menggunakan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 1 Gandapura yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah keseluruhan adalah 129 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling sehingga didapatkan kelas VII A dan VII C sebagai populasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu media Flipchart dengan model pembelajaran konvensional. Pada kelas eksperimen rata-rata keterampilan proses sains siswa adalah 76,93. Sedangkan pada kelas kontrol keterampilan proses sains siswa adalah 70,98. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantu media Flipchart berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMPN 1 Gandapura.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Flipchart, Keterampilan Proses Sains Siswa

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-11-29