PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 2 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

Penulis

  • Raihan Yuliza Universitas Almuslim
  • M. Taufiq Universitas Almuslim
  • Muslihin Universitas Almuslim

Abstrak

ABSTRAK
Rendahnya kemampuan berfikir kritis peserta didik merupakan sebuah permasalahan yang dihadapi di dunia
pendidikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar biologi yaitu
dengan memilih model pembelajran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh
model pembelajaran direct Instruction terhadap kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa biologi kelas
XII SMA Negeri 2 Peusangan Kabupaten Bireuen dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar
siswa biologi kelas XII SMA Negeri 2 Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif deskriptif. Sampel untuk kelas eksperimen adalah XII IPA 3 dengan menggunakan model
pembelajaran direct Instruction dan untuk kelas kontrol adalah kelas XII IPA 4 dengan menggunakan metode
konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
instrumen penelitian dan tes. Berdasarkan hasil analisis anacova menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh
kemampuan berpikir kritis pada model pembelajaran direct Instruction sebesar 47,97% sedangkan pada
pembelajaran konvensional sebesar 50,05%. Presentase peningkatan kemampuan hasil belajar pada model
pembelajaran direct Instruction sebesar 46.46 % sedangkan pada pembelajaran konvensional sebesar 48.49%.
Kata Kunci: Direct Instruction, Kemampuan Berfikir Kritis, Hasil Belajar

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-11-29