ANALISIS PENGUASAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA

Penulis

  • Erlia Hanum Universitas Almuslim
  • Cut Roswita Universitas Almuslim

Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis penguasaan keterampilaan proses sains siswa pada mata
pelajaran biologi SMA.mPenelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel
menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa kelas XI IPA. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa soal pilihan ganda. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk
mengumpulkan data keterampilan proses sains. Data dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa persentase penguasaan keterampilan proses sains tertinggi ada pada indikator keterampilan
observasi dengan persentase 85% (kategori sangat baik) dan persentase terendah ada pada indikator keterampilan
berhipotesis dengan persentase 58,33 (kategori cukup). Indikator keterampilan observasi menunjukkan kategori
sangat baik dengan persentase sebesar 83,33%. Indikator keterampilan memprediksi, keterampilan
menyimpulkan dan keterampilan mengajukan pertanyaan menunjukkan kategori baik dengan persentase masingmasing sebesar 63,33%, 75% dan 73,33%. Indikator keterampilan interpretasi dan keterampilan merancang
percobaan dan keterampilan berhipotesis menunjukkan kategori cukup dengan persentase sebesar 60%.
Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Pelajaran Biologi, SMA

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-11-30