HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN KEBIASAAN KONSUMSI WESTERN FAST FOOD DENGAN STATUS GIZI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Authors

  • Nur Rahmi Universitas Malikussaleh
  • Noviana Zara Universitas Malikussaleh
  • Mardiati Mardiati Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.51179/jka.v8i1.1118

Keywords:

Status gizi, pengetahuan, western fast food.

Abstract

Status gizi merupakan kondisi tubuh yang diakibatkan oleh konsumsi makanan dan penggunaan zat gizi. Salah satu jenis makanan yang tidak sehat adalah western fast food. Mahasiswa adalah konsumen paling banyak mengonsumsi fast food. Menurut WHO 1,9 miliar orang dewasa berusia diatas 18 tahun memiliki berat badan lebih, berdasarkan jumlah tersebut terdapat 600 juta orang yang obesitas dimana obesitas adalah salah satu masalah status gizi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan pengetahuan dan kebiasaan konsumsi western fast food dengan status gizi pada mahasiswa Universtias Malikussaleh. Metode penelitian menggunakan desain cross-sectional dan analisis statistik menggunakan uji Chi square. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 105 mahasiswa dan pengumpulan data dengan pengukuran antropometri dan pengisian kuesioner. Hasil penelitian dengan uji analisis univariat didapatkan mayoritas mahasiswa memiliki status gizi kategori normal 67 responden (63,8%), mayoritas mahasiswa memiliki pengetahuan tentang western fast food kategori baik 88 responden (83,8%) dan mayoritas mahasiswa memiliki kebiasaan konsumsi western fast food kategori sering 64 responden (61%). Hasil penelitian dengan uji analisis bivariat tidak terdapat hubungan antara pengetahuan tentang western fast food dengan status gizi pada mahasiswa Universitas Malikussaleh dan hasil uji antara kebiasaan konsumsi western fast food dengan status gizi pada mahasiswa Universitas Malikussaleh memiliki hubungan.

 

Kata kunci: Status gizi, pengetahuan, western fast food.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nur Rahmi, Universitas Malikussaleh

Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe

Noviana Zara, Universitas Malikussaleh

Dosen Fakultas Kedokteran, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe

Mardiati Mardiati, Universitas Malikussaleh

Dosen Fakultas Kedokteran, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe

References

Soraya D, Sukandar D, Sinaga T. Hubungan Pengetahuan Gizi, Tingkat Kecukupan Zat Gizi, dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi pada Guru SMP. J Gizi Indones (The Indones J Nutr. 2017;6(1):29–36.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Penyuluhan Gizi pada Anak Sekolah Bagi Petugas Penyuluhan. Jakarta: Ditjen Bina Kesehatan Masyarakat Direktorat Gizi Masyarakat. 2001.

WHO. Obesity : Preventing and Managing The Global Epidemic: Technical Report Series. World Health organization. 2016.

Kemenkes RI. Hasil Pemantauan Status Gizi (PSG). Jakarta. 2017.

Adriani, M., & Wirjatmadi, B. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan, Edisi 1. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2012.

Devi, N. Gizi anak sekolah. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara. 2012.

Aulia, Sitti Geubrina Beu, T. Makmur dan Ahmad Humam Hamid. Perilaku Konsumsi Fast Food Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Kota Banda Aceh. JIM Pertanian Unsyiah. (2018). 1(1):217–26.

Kevin. Hubungan Konsumsi Makanan Cepat Saji (Fast Food) dengan terjadinya Depresi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Angkatan 2018. Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara medan. 2019.

Almatsier, S., Soetardjo, S., & Soekatri, M. Gizi seimbang dalam daur kehidupan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2011.

Dwimawati. Gambaran Status Gizi Berdasarkan Antropometri pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas IBN Khaldun Bogor. Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. 2020. 3(1):50-55.

Anshari, Zalim. Gambaran Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Pelajar tentanh Makanan Cepat Saji (Fast Food) di Mts Al-Manar Medan. 2019. 2(01): 46-52.

Mahmoud, Asmaa H., dkk. Knowledge and Attitudes of Students toward Fast Food in Assiut University. Assiut Scientific Nursing Journal. 2021. 9(24): 66-75.

Amanda Sari BR. Sinulingga, Reka. Hubungan Pengetahun, Sikap dan Perilaku Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji dengan Status Gizi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara Medan. 2021.

Munthofiah, Duwin. Hubungan Konsumsi Fast Food, Kebiasaan dan Kualitas Sarapan Pagi dengn Status Gizi Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta. Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta. 2019.

Downloads

Published

2022-04-21

How to Cite

Rahmi, N., Zara, N., & Mardiati, M. (2022). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN KEBIASAAN KONSUMSI WESTERN FAST FOOD DENGAN STATUS GIZI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MALIKUSSALEH. JURNAL KESEHATAN ALMUSLIM, 8(1), 11–17. https://doi.org/10.51179/jka.v8i1.1118

Most read articles by the same author(s)