PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN CUCI TANGAN UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 PADA SISWA DI SDN 2 BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE

Authors

  • Aulia Salsabila Universitas Malikussaleh
  • Noviana Zara Universitas Malikussaleh
  • Nina Herlina Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.51179/jka.v8i1.1119

Keywords:

audio visual, cuci tangan, COVID-19

Abstract

COVID-19 merupakan penyakit yang telah dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO. Tercatat 2 juta kasus terkonfirmasi positif COVID-19 pada juni 2021 di Indonesia dan menempatkan Kota Lhokseumawe di posisi ke-5 tertinggi di Provinsi Aceh. Pencegahan COVID-19 dapat dilakukan dengan mencuci tangan. Anak-anakmerupakan kelompok rentan terinfeksi, sehingga diperlukan promosi kesehatan, khususnya mengenai cara mencuci tangan yang baik dan benar. Promosi kesehatan yang menarik untuk anak dapat dilakukan dengan media audio visual karena media tersebut memiliki keunggulan dalam menunjukkan gambar dan suara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh media audio visual terhadap kemampuan cuci tangan untuk pencegahan COVID-19 pada siswa di SDN 2 Banda Sakti. Penelitian ini melibatkan 87 siswa dengan jenis penelitian quasi eksperimen menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar checklist dan observasi. Hasil penelitian ini didapatkan karakteristik responden perempuan lebih banyak daripada laki-laki dan mayoritas berusia 10 tahun. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan cuci tangan sebesar 88,5% dalam kategori baik setelah dilakukan intervensi. Penggunaan media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan cuci tangan berdasarkan uji wilcoxon dengan p sebesar <0,001. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh media audio visual terhadap kemampuan cuci tangan untuk pencegahan COVID-19 pada siswa di SDN 2 Banda Sakti.

 

Kata Kunci: audio visual, cuci tangan, COVID-19

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Aulia Salsabila, Universitas Malikussaleh

Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe

Noviana Zara, Universitas Malikussaleh

Dosen Fakultas Kedokteran, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe

Nina Herlina, Universitas Malikussaleh

Dosen Fakultas Kedokteran, Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe

References

Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) Revisi ke-5. Jakarta; 2020.

Worldometers. COVID-19 Coronavirus Pandemic [Internet]. 2021. Available from: https://www.worldometers.info/coronavirus/

Dwi A. Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) [Internet]. 2021. Available from: https://covid19.kemkes.go.id/

Kemdikbud RI. Data Penyelenggaraan Pendidikan di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta; 2021.

Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh. Info COVID-19 [Internet]. 2021. Available from: https://covid19.acehprov.go.id/

WHO. Corona Virus (COVID-19) Outbreak [Internet]. 2020. Available from: https://www.who.int/emergencies/diseases/novelcoronavirus-2019

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan COVID-19. Jakarta; 2020.

Kumar N. Fighting the SARS CoV-2 (COVID-19) Pandemic with Soap [Internet]. 2020. Available from: www.preprints.org

Kementerian Kesehatan RI. Info Datin Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia. Jakarta Selatan: Kementerian Kesehatan RI; 2014.

Setiawati I. Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Mi Al-Bahri Kebon Nanas Jakarta. 2012;

Nur A. Pengaruh Pendidikan Kesehatan menggunakan Team Games Tournament (TGT) terhadap Pengetahuan dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun pada Pencegahan Penyakit Diare di Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Sport Science and Health. 2020;2(2):145–51.

Phyllis C, Parker J. Caring for School Age Children. Kanada: Nelson Education; 2012.

Ketut N. Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi. 2020;9(1):122–30.

Johan H. Pengaruh Penyuluhan Media Audio Visual Video Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa Kelas III di SDN 027 Samarinda. Jurnal Husada Mataram. 2018;4(6):352–60.

Dwi V. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Al-Bahri Kebon Nanas Jakarta. 2017;110265:110493.

Rangga G. Dampak Edukasi Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Mencuci Tangan Anak. Jurnal Keperawatan Florence Nighingale. 2020;3(1):1–6.

Notoadmodjo S. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2010.

Antari I. Efektivitas Penggunaan Media Video dan Leaflet Terhadap Perilaku Mencuci Tangan dalam Pencegahan Diare. Jurnal Kesehatan Madani Medika. 2020;11(1):27–34.

Marselina E. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan tentang Cuci Tangan Pakai Sabun terhadap Pengetahuan dan Sikap pada Peserta Didik di SD GMIM 14 Manado. Jurnal KESMAS. 2020;9(1):52–7.

Alsa M. Pengaruh Promosi Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Melalui Media Video terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa/i Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bengkulu Tahun 2020. Poltekkes Kemenkes Bengkulu; 2020.

Iskandar H. Pengaruh Modeling Media Video Cuci Tangan terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa Kelas 4 di SD Wonosari 02 Mangkang Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Ilmu Kebidanan. 2014;(3):1–8.

Nugroho T. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Audio Visual terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak SD Kelas 2. Healthy Journal. 2020;8(1):41–8.

Zara Noviana, Mardiati. Promosi Kesehatan Family Medicine untuk Pencegahan COVID-19 pada Keluarga Binaan di Desa Uteunkot Kota Lhokseumawe. Jurnal Ilmu Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial dan Budaya. 2021;5(5):34–7.

Downloads

Published

2022-04-21

How to Cite

Salsabila, A., Zara, N., & Herlina, N. (2022). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN CUCI TANGAN UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 PADA SISWA DI SDN 2 BANDA SAKTI LHOKSEUMAWE. JURNAL KESEHATAN ALMUSLIM, 8(1), 18–24. https://doi.org/10.51179/jka.v8i1.1119

Most read articles by the same author(s)