PERBEDAAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE DENGAN PETA KONSEP PADA MATERI SISTEM EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 PEUSANGAN

Penulis

  • Uswatun Khaira Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Win Konadi

Abstrak

 

Abstrak

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi khususnya materi sistem ekonomi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang perbedaan hasil belajar melalui model kooperatif Think-Pair-Share dengan peta konsep pada materi sistem ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Peusangan. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Peusangan. Sedangkan teknik pengambilan sampel secara acak. sampel penelitian ini adalah siswa salah satu kelas X sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share, dan salah satu kelas X yang menggunakan pembelajaran peta konsep dari keseluruhan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes soal. Teknik analisis data melalui uji t. Hasil penelitian diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,8  > 1,68 dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Peusangan kelas X pada materi sistem ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Think-Pair-Share lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran peta konsep.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Think-Pair-Share, peta konsep.materi sistem ekonomi

Referensi

Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi, dkk, 2007. Penelitian Tindaka Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Chandera, 2013. Beberapa Pengertian Hasil Belajar. http://misterchand89.blogspot. com/2013/03/. Diakses pada Tanggal 25 Agustus 2014

Gunawan, 2013. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). http://blogspot.com/2013/05/. Diakses pada Tanggal 20 Agustus 2014

Djamarah dan Zain, 2005. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyanti dan Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Holil, Anwar, 2008. Peta Konsep Untuk Mempermudah Konsep Sulit dalam Pembelajaran. http://arahman.blogdetik.com (29 Juli 2008)

Ibrahim, Muslimin,dkk, 2000. Pembelajaran Kooperatif.

University Perss: Universitas Negeri Surabaya

Purwanto, 2011. Psikoligi Pendidikan. Bandung:CV. Remaja Karya.

Purwodarminto, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Sanjaya, Wina, 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Bandung: Kencana

Siti, 2013. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. http://model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html. Diakses Pada Tanggal 20 Agustus 2014

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor- factor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2007. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Supridjono, Agus, 2011. Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar

Suyatno dan Nurhadi, 2004. Ekonomi untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga

Trianto, 2007, Model-Model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Wahidi, Agus. 2008. Peta Konsep Untuk Melatih Ketrampilan Berpikir. http://www.infodiknas.com(14 Juni 2010)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-08-02