PERBEDAAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE DENGAN PETA KONSEP PADA MATERI SISTEM EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 PEUSANGAN
Abstract
Â
Abstrak
Â
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi khususnya materi sistem ekonomi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang perbedaan hasil belajar melalui model kooperatif Think-Pair-Share dengan peta konsep pada materi sistem ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Peusangan. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Peusangan. Sedangkan teknik pengambilan sampel secara acak. sampel penelitian ini adalah siswa salah satu kelas X sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share, dan salah satu kelas X yang menggunakan pembelajaran peta konsep dari keseluruhan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes soal. Teknik analisis data melalui uji t. Hasil penelitian diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,8Â > 1,68 dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Peusangan kelas X pada materi sistem ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Think-Pair-Share lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran peta konsep.
Â
Kata Kunci : Hasil Belajar, Think-Pair-Share, peta konsep.materi sistem ekonomi
References
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi, dkk, 2007. Penelitian Tindaka Kelas, Jakarta: Bumi Aksara
Chandera, 2013. Beberapa Pengertian Hasil Belajar. http://misterchand89.blogspot. com/2013/03/. Diakses pada Tanggal 25 Agustus 2014
Gunawan, 2013. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). http://blogspot.com/2013/05/. Diakses pada Tanggal 20 Agustus 2014
Djamarah dan Zain, 2005. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyanti dan Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Holil, Anwar, 2008. Peta Konsep Untuk Mempermudah Konsep Sulit dalam Pembelajaran. http://arahman.blogdetik.com (29 Juli 2008)
Ibrahim, Muslimin,dkk, 2000. Pembelajaran Kooperatif.
University Perss: Universitas Negeri Surabaya
Purwanto, 2011. Psikoligi Pendidikan. Bandung:CV. Remaja Karya.
Purwodarminto, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Sanjaya, Wina, 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Bandung: Kencana
Siti, 2013. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. http://model-pembelajaran-kooperatif-tipe.html. Diakses Pada Tanggal 20 Agustus 2014
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor- factor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2007. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Supridjono, Agus, 2011. Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar
Suyatno dan Nurhadi, 2004. Ekonomi untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga
Trianto, 2007, Model-Model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wahidi, Agus. 2008. Peta Konsep Untuk Melatih Ketrampilan Berpikir. http://www.infodiknas.com(14 Juni 2010)