PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 3 BIREUEN

Penulis

  • Zahara Zahara Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Raudhatul Jannah

Abstrak

ABSTRAK

 

Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar yang dimiliki siswa salah satu faktor penyebab adalah penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Guru pada umumnya hanya menggunakan metode ceramah dalam menyajikan materi pelajaran. Akibatnya siswa merasa bosan belajar akhirnya pencapaian prestasi belajar tidak seperti yang diharapkan. Untuk itu penulis mencoba mengajar dengan menerapkan model talking stick yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi ketenagakerjaan di kelas XI SMA Negeri 3 Bireuen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan nonequivalent control group design. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bireuen yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas XI IIS1 dan XI IIS2 yang berjumlah 41 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan tes pilihan ganda yang diberikan melalui pre-test dan post-test. Data analisis dengan menggunakan uji t dengan kriteria pengujian adalah Ho jika    dan tolak Ho jika    pada dk  +  - 2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh = 5,373 dan  = 1,697 pada taraf signifikasi  = 0,05 yaitu 5,373  1,697, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak  dan dipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 3 Bireuen. Hasil belajar siswa lebih baik yang menggunakan model talking stick

 

Kata Kunci  : Model Pembelajaran Talking Stik dan Hasil Belajar

Referensi

Alam S. 2007. Ekonomi SMA dan MA untuk kelas XI. Jakarta: Erlangga

Arikunto, 2010. Dasar-dasar Pendidiksn Evaluasi. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka cipta.

Darlia, Tatik. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Tlking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.

Dimyanti, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktok-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung : Tarsito.

Sugiono. Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Al Fabeta.

Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi (Edisi Revisi). Bireuen: Universitas Almuslim.

Uno , Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran. Ed.I, Cet. 3. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-05-16