PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA NEGERI 3 BIREUEN
Abstrak
ABSTRAK
Â
Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar yang dimiliki siswa salah satu faktor penyebab adalah penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat. Guru pada umumnya hanya menggunakan metode ceramah dalam menyajikan materi pelajaran. Akibatnya siswa merasa bosan belajar akhirnya pencapaian prestasi belajar tidak seperti yang diharapkan. Untuk itu penulis mencoba mengajar dengan menerapkan model talking stick yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi ketenagakerjaan di kelas XI SMA Negeri 3 Bireuen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan nonequivalent control group design. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bireuen yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas XI IIS1 dan XI IIS2 yang berjumlah 41 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan tes pilihan ganda yang diberikan melalui pre-test dan post-test. Data analisis dengan menggunakan uji t dengan kriteria pengujian adalah Ho jika   dan tolak Ho jika   pada dk  +  - 2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh = 5,373 dan  = 1,697 pada taraf signifikasi  = 0,05 yaitu 5,373  1,697, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan dipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Negeri 3 Bireuen. Hasil belajar siswa lebih baik yang menggunakan model talking stick
Â
Kata Kunci : Model Pembelajaran Talking Stik dan Hasil Belajar
Referensi
Alam S. 2007. Ekonomi SMA dan MA untuk kelas XI. Jakarta: Erlangga
Arikunto, 2010. Dasar-dasar Pendidiksn Evaluasi. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka cipta.
Darlia, Tatik. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Tlking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.
Dimyanti, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktok-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung : Tarsito.
Sugiono. Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Al Fabeta.
Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi (Edisi Revisi). Bireuen: Universitas Almuslim.
Uno , Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran. Ed.I, Cet. 3. Jakarta: PT. Bumi Aksara.