PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KUTA BLANG

Penulis

  • Marwan Hamid Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Safrizal Safrizal

Abstrak

ABSTRAK

 Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar yang dimiliki siswa, salah satu faktor penyebab adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Guru pada umumnya hanya menggunakan metode ceramah dalam menyajikan materi pelajaran. Akibatnya siswa merasa bosan belajar akhirnya pencapaian hasil belajar tidak seperti yang diharapkan. Untuk itu penulis mencoba mengajar dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar ekonomi pada materi ketenagakerjaan pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kutablang Kabupaten Bireuen. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan control group design metode claster random sampling. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas  XI SMA Negeri 2 Kutablang  Kabupaten Bireuen yang terdiri dari 2 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPSdan XI IPAyang berjumlah 38 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan tes pilihan ganda yang diberikan melalui pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan uji–t dengan kriteria pengujian adalah terima Ho jika   dan tolak Ho  jika  pada dk = n1 + n2 - 2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh    = 1,697 pada taraf signifikan α = 0,05 yaitu 4,07 dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar siswa pada materi ketenagakerjaan di kelas XI SMA Negeri 2 Kutablang.

 

 

Kata kunci : Hasil Belajar, Model Explicit Instruction

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alam, dkk. (2013). Ekonomi. Jakata: PT .Glora Aksara.

Ardana. 2014. Model Pembelajaran Explicit Instruction. Oline), Error! Hyperlink reference not valid., diakses 18 Maret 2018.

Arends, Richarld. 2001. Classroom Instructional Management. Jakarta: Kencana

Arikunto, Suharmini,dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Danim, S. 2010. Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2004. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka cipta.

Fajriah. 2011. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Konvensional dengan Metode Demontrasi pada Konsep Gerak pada Manusia di SMP Negeri 1 Sawang. Skripsi. Bireuen: Universitas Almuslim ( tidak dipublikasi).

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta . PT: Bumi Aksara

Herdian. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Iskandarwassid, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kardi dan Nur. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.

Mahardhika. 2013. Model Pembelajaran Explicit Instruction. Oline), Error! Hyperlink reference not valid., diakses 18 Maret 2018.

Mastika, dkk. 2013. Model Pembelajaran Explicit Instruction. Oline), Error! Hyperlink reference not valid., diakses 18 Maret 2018.

Murdani, 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia di Kelas VII SMP Negeri 1 Kutablang. Skripsi. Bireuen, Tidak dipublikasi.

Neliti. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Pelajaran Ekonomi. (Oline), http:// media.neliti.com/skripsi. Diakses pada 17 April 2018.

Ratioktariana, 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Cempaka Palembang. Skripsi. Di unduh pada tanggal 28 Februari 2017.

Riduwan. 2008 Dasar-Dasar Statistika. Bandung: alfabeta.

Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran (Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas). Surabaya: Kencana Perdana Media Group.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar. PT.Grafindo, Persada Jakarta.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

------------2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Belajar, Bandung.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

------------2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Ikapi: CV Alfabeta.

Sukmadinata, N. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakrya

Tim penyusun. 2011. Pedoman Model Penulisan Skripsi (FKIP unimus). Matangglumpangdua.

Trianto, A. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta: kencana media group.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-11-24