PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PEUSANGAN SIBLAH KRUENG
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul â€Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng†telah dilaksanakan oleh peneliti pada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi kebutuhan dan kelangkaan di kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng. Hipotesis yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah penggunaan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi kebutuhan dan kelangkaan di kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment).Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Mengingat jumlah sampel yang tidak terlalu banyak, maka semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel penelitian. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan soal tes awal dan tesakhir.Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji tdiperoleh nilai thitung adalah 0,71, kemudian pada taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 38 dan table distribusi t diperoleh nilai ttabel = 1,684,jadi thitung lebih kecil dari padat tabel, dengan kata lain 0,71 <1,684, maka dalam hal ini menolak Ho danmenerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi kebutuhan dan kelangkaan di kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng.
Kata Kunci: Pengaruh Media Visual,Hasilbelajar, dan materi Kebutuhan dan Kelangkaan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Alwi, Hasan dkk. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jarakta : Balai Pustaka
Arikunto, Suharmini. 2014. Prosedur Penelitian, Jakarta : Reneka Cipta
Alimah. 2011. Prestasi Belajar dan Media Pembelajaran, (online) http://mahayu liansyah.blogspot.com. diakses 22/01/2019. Jam 10:25 WIB
Angkuwo. 2014. Media Pembelajaran, Yogyakarta : Pustaka Book Publisher
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta
Anwariningsih. 2013. Development of Interactive Media for ICT Learning at Elementary School Based on Student Self Learning†(Journal of Education and Learning) Vol.7 (2) pp. 121-128
Adesanjaya. 2010. Pengertian hasil belajar siswa, http://aadesanjaya.blogspot.com, diakses 24/01/2019. Jam 12:30 WIB
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Djamarah Syaiful Bahari, Zain Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi, Banjarmasin: Renaka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Hamalik, Oemar. 2012. Psikoiogi Belajar Mengajar, Bandung: Sinarbaru
Husna. 2011. Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pokok Bahasan Ikatan Kimia Di Kelas X Sma Negeri 1 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar (Skripsi), Pekanbaru, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jelantik, I Ketut. 2011. Pengertian hasil Belajar (online) http://pgri1ampura.co.cc. diakses 25/01/2019. Jam 15:40 WIB
Mahmud. 2010. Efektifitas Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Sisw (online) http://mahmudsapsalbrg.wordpress.com, diakses 20/01/2019. Jam 16:28 WIB
Muklas. 2017. Pemanfaatan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket Pada Siswa Kelas XII SMALB-B Dharma Wanita Sidoarjo (Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan), Surabaya : Universitas Negeri Surabaya
Mulyasa, E. 2012. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhammad Ali. 2012. Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo
Nurma Siyamita. 2012. Pengaruh Media Visual di Ruang Kelas Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kimia Siswa (Jurnal Ilmiah), Semarang, Jurusan Kimia, Universitas Negeri Semarang
Puspitaningtyas. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 02 Kendalbulur, Boyolangu, Tulungagung Tahun 2015/2016 (Skripsi), Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan : Institut Agama Islam Negeri Tulungagung
Rahadi, Aristo. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Dikjen Dikti Depdikbud
Riduwan. 2013. Dasar-Dasar statistika, Bandung : Alfabeta
Rusminto. 2011. Pengertian Media Pembelajaran (online)
http://drusminto.blogspot. com,diakses 25/01/2019. Jam 09:45 WIB
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Kencana
Sanjaya, Wina, 2012. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Fajar Interpratama offset
Sadiman, Arif. 2012. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Subana M, Sudrajat, 2011. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung : Pustaka Setia
Sudirman, 2012. Prinsip-Prinsip Pemilihan dan Penggunaan Media Jakarta : Bumi Aksara
Sudjana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Cet III, Bandung:Sinar Baru
Sukardi. 2013. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta. Bumi Aksara
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &. D, Bandung: Alfabeta
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran, Yogyakarta : Kata Pena
Wahidmurni. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera
Widya. 2012. Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran (online) http://widyaprilolina.blogspot.com, diakses 25/01/2019. Jam 21:35 WIB
Widia Nengsih. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 3 Sawah Lama Bandar lampung (Skripsi), Bandar Lampung : Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung