PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PEUSANGAN SIBLAH KRUENG

Penulis

  • Mira Chairani Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Eva Diana

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul â€Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng†telah dilaksanakan oleh peneliti pada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi kebutuhan dan kelangkaan di kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng. Hipotesis yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah penggunaan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi kebutuhan dan kelangkaan di kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperiment).Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Mengingat jumlah sampel yang tidak terlalu banyak, maka semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel penelitian. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan soal tes awal dan tesakhir.Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji t. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji tdiperoleh nilai thitung adalah 0,71, kemudian pada taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 38 dan table distribusi t diperoleh nilai ttabel = 1,684,jadi thitung lebih kecil dari padat tabel, dengan kata lain 0,71 <1,684, maka dalam hal ini menolak Ho danmenerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi kebutuhan dan kelangkaan di kelas VII SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng.

Kata Kunci: Pengaruh Media Visual,Hasilbelajar, dan materi Kebutuhan dan Kelangkaan

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Alwi, Hasan dkk. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jarakta : Balai Pustaka

Arikunto, Suharmini. 2014. Prosedur Penelitian, Jakarta : Reneka Cipta

Alimah. 2011. Prestasi Belajar dan Media Pembelajaran, (online) http://mahayu liansyah.blogspot.com. diakses 22/01/2019. Jam 10:25 WIB

Angkuwo. 2014. Media Pembelajaran, Yogyakarta : Pustaka Book Publisher

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta

Anwariningsih. 2013. Development of Interactive Media for ICT Learning at Elementary School Based on Student Self Learning†(Journal of Education and Learning) Vol.7 (2) pp. 121-128

Adesanjaya. 2010. Pengertian hasil belajar siswa, http://aadesanjaya.blogspot.com, diakses 24/01/2019. Jam 12:30 WIB

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Djamarah Syaiful Bahari, Zain Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi, Banjarmasin: Renaka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Hamalik, Oemar. 2012. Psikoiogi Belajar Mengajar, Bandung: Sinarbaru

Husna. 2011. Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pokok Bahasan Ikatan Kimia Di Kelas X Sma Negeri 1 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar (Skripsi), Pekanbaru, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jelantik, I Ketut. 2011. Pengertian hasil Belajar (online) http://pgri1ampura.co.cc. diakses 25/01/2019. Jam 15:40 WIB

Mahmud. 2010. Efektifitas Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Sisw (online) http://mahmudsapsalbrg.wordpress.com, diakses 20/01/2019. Jam 16:28 WIB

Muklas. 2017. Pemanfaatan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket Pada Siswa Kelas XII SMALB-B Dharma Wanita Sidoarjo (Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan), Surabaya : Universitas Negeri Surabaya

Mulyasa, E. 2012. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhammad Ali. 2012. Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo

Nurma Siyamita. 2012. Pengaruh Media Visual di Ruang Kelas Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kimia Siswa (Jurnal Ilmiah), Semarang, Jurusan Kimia, Universitas Negeri Semarang

Puspitaningtyas. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa SDN 02 Kendalbulur, Boyolangu, Tulungagung Tahun 2015/2016 (Skripsi), Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan : Institut Agama Islam Negeri Tulungagung

Rahadi, Aristo. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Dikjen Dikti Depdikbud

Riduwan. 2013. Dasar-Dasar statistika, Bandung : Alfabeta

Rusminto. 2011. Pengertian Media Pembelajaran (online)

http://drusminto.blogspot. com,diakses 25/01/2019. Jam 09:45 WIB

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Kencana

Sanjaya, Wina, 2012. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Fajar Interpratama offset

Sadiman, Arif. 2012. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Subana M, Sudrajat, 2011. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung : Pustaka Setia

Sudirman, 2012. Prinsip-Prinsip Pemilihan dan Penggunaan Media Jakarta : Bumi Aksara

Sudjana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Cet III, Bandung:Sinar Baru

Sukardi. 2013. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta. Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &. D, Bandung: Alfabeta

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran, Yogyakarta : Kata Pena

Wahidmurni. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera

Widya. 2012. Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran (online) http://widyaprilolina.blogspot.com, diakses 25/01/2019. Jam 21:35 WIB

Widia Nengsih. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 3 Sawah Lama Bandar lampung (Skripsi), Bandar Lampung : Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-09-03