PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
ABSTRAK
Rendahnya hasil belajar matematika siswa merupakan suatu masalah yang mendasar di SMA Negeri 1Kuta Blang. Hal ini disebabkan karena siswa yang kurangaktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together(NHT) pada materi persamaan Barisan dan Deret di kelas X SMA Negeri 1 Kuta Blang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Kuta Blang yang berjumlah 25 orang siswa. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Skor persentase yang diperoleh dari hasil tes akhir siklus I belum sesuai dengan kriteria hasil yang ditetapkan pada siklus yaitu hanya 74,29% yang mendapat nilai ≥ 65, sedangkan hasil observasi terhadap kegiatan peneliti dan siswa sudah mencapai target yaitu 84% dan 81%. Pada siklus II berdasarkan hasil tes telah mencapai 88,57% dan hasil observasi terhadap kegiatan peneliti dan siswa juga sudah mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu 93% dan 91%. Hasil analisis data angket respon siswa secara umum menunjukkan 78,43% siswa mendukung pernyataan yang bersifat positif dan 81% siswa menolak pernyataan yang bersifat negatif. Jadi berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together(NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model PembelajaranNumbered Heads Together, Hasil belajar
References
DAFTAR PUSTAKA
Asrori, Muhammad. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.
Hasbullah. 2008. “Dasar-dasar Ilmu Pendidikanâ€. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Maidiyah. E & Usman. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Darussalam: Universitas Syiah Kuala.