PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENSTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PASAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN
Abstract
Abstrak
Â
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar pada materi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data mengenai pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arensterhadap hasil belajar siswa pada materi pasar di kelas VIII SMP Negeri 2 Kutablang Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Negeri 2 Kutablang Kecamatan Kutablang kabupaten Bireuenyaitu berjumlah 146 orang dan sampelnya ditetapkan dua kelas yaitu siswa kelas VIII/a yang jumlah siswanya 28 orang dan kelas VIII/byang jumlah siswanya 28 orang di SMP Negeri 2 Kutablang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal. Teknik analisis data pengujian uji t. Hasil penelitian yang diperoleh hasil t hitung < t tabel(0,078< 2,052), Penelitian ini dilakukan pada taraf α=0,05 dengan db= N-1. (db= 36-1=35) pada uji dua pihak maka diperoleh nilai t tabel 2,042. Kriteria yangberlaku adalah Ho diterima dan Ha ditolak jika t hitung< t tabel dan Ho ditolak dan Ha diterima jika t hitung> t tabelatau jika nilait mempunyai jumlah-jumlah yang lain. Dengan demikian maka dapat di simpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arens terhadap hasil belajar siswa pada materi pasar di kelas VIII SMP Negeri 2 Kutablang kabupaten Bireuen.
Â
Kata kunci: Metode pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arens, hasil belajar, materi pasar
References
Daftar Pustaka
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: reineka Cipta.
Asmaul Husna. 2013. http://guruipsgempol1.wordpress.com/2012/04/13/bentuk-bentuk-pasar-dalam-kegiatan-ekonomi-masyarakat/ (online) diakses 20 Juli 2014.
Djamarah, B dan Zain, A. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Isjoni. 2010. Cooperative Learning, Evektivitas pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabeta.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Nurhadi. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Nurdin. dkk. 2008. Strategi Penertiban Pasar. Jurnal Ilmiah. UNDIP.
Riayanto. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sadirman. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Slameto. 2009. Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, P. 2006. Keterampilan Dasar Mengajar IPA Berbasis Kontruktivisme. Malang: UM
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprijono,Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Belajar.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajran Inovatif. Surabaya : Masmedia Buana Pustaka.
Waluyo. 2006. Pengetajuan Sosial Masyarakat. Jakarta: Erlangga.