PENGARUH MOTIVASI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS VII SMP NEGERI 1 JANGKA

Authors

  • Fauzi Fauzi Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Marwan Hamid

Abstract

Abstrak

 

Penelitian yang berjudul pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar pada pelajaran ekonomi di kelas VII SMP Negeri 1 Jangka. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar pada pelajaran ekonomi di kelas VII SMP Negeri 1 Jangka. Pendekatan yang digunakan kuantitatif dan jenis penelitiannya korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMP Negeri 1 Jangka yaitu sebanyak 240 siswadan sampel dalam penelitian ini20% dari jumlah populasi yaitu  48 siswa SMP Negeri 1 Jangka Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen. Teknik pengumpulan data melalui angket. Teknik analisis data yaitu pengujian hipotesis (uji t). Hasil penelitian yang diperoleh nilai thitung pada variabel motivasi adalah 2.274 sedangkan nilai ttabelpada derajat bebas (df) = n-k = 48-2 = 46, dengan tingkat kepercayaan 95% pada uji dua sisi (α =0,05) adalah = 2.021, yang berarti nilai thitung> ttabel sehingga hipotesis yang telah ditetapkan diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara motivasi siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jangka kabupaten Bireuen.

 

Kata Kunci: motivasi siswa, prestasi beljar, pelajaran ekonomi

References

Daftar Pustaka

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi V . Jakarta: P.T. Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Pembelajaran Berorientasi. Jakarta: Depdiknas

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta

Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: BumiAksara

Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Pupuh dan Sobry. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama

Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta

Sudjana.2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kulitatif, kuantitatif dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.

Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo

Published

2017-08-02