PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELANGKAAN DIKELAS X SMA NEGERI 2 BIREUEN

Authors

  • Nurul Noventi Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Ahmad Ahmad

Abstract

Abstrak

 

Penyebab kurangnya terjadi interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa sehingga proses belajar mengajar secara individu dan pada akhirnya proses pembelajaran cendrung terjadi berjalan satu arah. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada materi kelangkaan dikelas X SMA Negeri 2 Bireuen. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 2 Bireuen yang beranggota 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes . Analisis data dengan rumus penentuan hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I 62,8% dan siklus II menjadi 91,4%. Penentuan aktivitas guru pada siklus I diperoleh hasil 82,7% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 94,5%. Penentuan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 82,7% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 93,6%.Respon siswa kelas X SMA Negeri 2 Bireuen sangat baik terhadap pembelajaran ekonomi dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI).

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Team Assisted Individualization (TAI), materi kelangkaan

References

Daftar Pustaka

Anita lie. 2008 Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo Art dkk. (dalam Trianto.2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.Jakarta: Tim Prestasi Pustaka

Bloom (dalam Suprijono. 2009). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar

Carol (dalam Sudjana. 2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Jhonson (dalam Trianto. 2010). Perencanaan Pembelajaran Mengem¬bangkanStandar Kompetensi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Mudjiono. 2006. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: PrestasiPustakaraya.

Nana sujana . 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: RemajaRosdakarya.

Rusman. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas NegeriSurabaya.

Sujana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: RemajaRosdakarya.

Slavin (dalam Yamin. 2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press

Suyitnno. 2009. Menelaah Pembelajaran Inovatif. Sidoardjo: Media Buana Pustaka

Trianto. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Published

2017-08-02