PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELANGKAAN DIKELAS X SMA NEGERI 2 BIREUEN
Abstract
Abstrak
Â
Penyebab kurangnya terjadi interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa sehingga proses belajar mengajar secara individu dan pada akhirnya proses pembelajaran cendrung terjadi berjalan satu arah. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada materi kelangkaan dikelas X SMA Negeri 2 Bireuen. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 2 Bireuen yang beranggota 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes . Analisis data dengan rumus penentuan hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I 62,8% dan siklus II menjadi 91,4%. Penentuan aktivitas guru pada siklus I diperoleh hasil 82,7% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 94,5%. Penentuan aktivitas siswa pada siklus I yaitu 82,7% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 93,6%.Respon siswa kelas X SMA Negeri 2 Bireuen sangat baik terhadap pembelajaran ekonomi dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI).
Â
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Team Assisted Individualization (TAI), materi kelangkaan
References
Daftar Pustaka
Anita lie. 2008 Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo Art dkk. (dalam Trianto.2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.Jakarta: Tim Prestasi Pustaka
Bloom (dalam Suprijono. 2009). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar
Carol (dalam Sudjana. 2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Jhonson (dalam Trianto. 2010). Perencanaan Pembelajaran Mengem¬bangkanStandar Kompetensi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Mudjiono. 2006. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: PrestasiPustakaraya.
Nana sujana . 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: RemajaRosdakarya.
Rusman. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas NegeriSurabaya.
Sujana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: RemajaRosdakarya.
Slavin (dalam Yamin. 2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
Suyitnno. 2009. Menelaah Pembelajaran Inovatif. Sidoardjo: Media Buana Pustaka
Trianto. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta