PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING(CTL) DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA MATERI PRINSIP EKONOMI DI KELAS VII MTSS JABAL NUR

Authors

  • Yena Sari Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Ratnawati Ratnawati

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian siswa pada saat proses pembelajaran mengakibatkan hasil belajar siswa jauh dari harapan. bertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning(CTL)dengan pembelajaran  ekspositoripada materiprinsip ekonomi di kelas VII MTsS Jabal Nur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah bersifat eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Jabal Nur yang berjumlah 4 kelas sebanyak 84 siswaKelas VII1 dengan jumlah 26 siswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ContextualTeachingLearning(CTL), sedangkan kelas VII2dengan jumlah 21 siswa diajarkan dengan menggunakan model ekspositori. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes soal. Teknik analisis data melalui uji t. Hasil penelitian yaitu 1,7387 > 1,6775. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menyatakan bahwa hasil  belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi prinsip ekonomi di kelas VII MTsS Jabal Nur

 

Kata Kunci: Model pembelajaran Contextual Teaching Learning, pembelajaran  ekspositori, hasil belaja, materiprinsip ekonomi

References

Daftar Pustaka

Ahiri. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta : UNS Press

Angkowo, 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara.

Depdiknas. 2006. Model Pembelajaran Terpadu IPS.

Erman. 2001. Pisikologi Kognitif. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Hamalik, O. 2004. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Imam, 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana, Perdana Media Group.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kasihani. 2003. Perencanaan Pembelajaran Pengetahuan Sosial; Materi pelatihan terintegrasi. Jakarta: Depdiknas, Dikdasmen, Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan Pengendalian Program.

Moedjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Purwanto, H. 2006. Pendekatan Perilaku Manusia. Jakarta: Kedokteran EGC.

Ritonga, dkk, 2010. Buku Ekonomi SMA Jilid 3. Jakarta: Phiβeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sudijono, A. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sutama. 2012. Statistika Dasar Untuk Penelitian. Surakarta. UNS Press

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresis. Jakarta: Prenada Media Group.

Wina, S. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Published

2017-08-14