KEMAMPUAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UMMY SOLOK ANGKATAN 2013
Abstract
ABSTRAK
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis:1) kemampuan dasar mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi UMMY Solok Angkatan 2013, 2) Peningkatan kemampuan dasar mengajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi UMMY Solok setelah dibekali pengetahuan  materi  kemampuan  dasar  mengajar  pada  mata  kuliah  Micro Teaching, 3) Kelemahan atau kekurangan mahasiswa dalam menguasai kemampuan dasar mengajar mahasiswa Pendidikan UMMY Solok. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kampus UMMY Solok dan Sekolah Mitra, tempat mahasiswa yang mengambil Praktek Lapangan Kependidikan di semester Ganjil Tahun Akademik 2016/2017. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah peneliti dan tim dengan dibekali pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi untuk menjamin keabsahan data lebih mengacu pada standar kredibilitas karena standar tersebut cocok dan lebih mudah untuk dianalisis sehingga data dan penelitian akan lebih akurat. Penjaminan keabsahan data dengan standar ini dilakukan dengan pengamatan lebih tekun dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) Pendidikan Ekonomi FKIP UMMY Solok angkatan 2013 sudah berada pada kategori baik, mulai dari keterampilan membuka pelajaran sampai pada kegiatan menutup pembelajaran. Selain itu sudah terdapat peningkatan yang dirasakan oleh mahasiswa setelah dibekali pengetahuan keterampilan dasar mengajar pada mata kuliah micro teaching, walaupun masih terdapat kelemahan atau kekurangan dalam menguasai keterampilan dasar mengajar terutama pada keterampilan dasar menjelaskan. Mahasiswa hendaknya lebih siap dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar, terutama dalam penguasaan materi sehingga mahasiswa dapat meminimalisir kelemahan dalam penguasaan keterampilan dasar menjelaskan. Selain itu mahasiswa harus lebih banyak membaca referensi lain selain buku paket yang digunakan pada saat mengajar sehingga penguasaan materi mahasiswa pada saat mengajar lebih baik lagi.
Â
Kata kunci : Kemampuan Dasar Mengajar, Mahasiswa, Pendidikan Ekonomi
References
Ahmad, Rohani. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Cahyati, Arlin Ayu. 2010. Pengaruh Mata Kuliah Micro Teachingdan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Tingkat Kematangan Calon Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2010
Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id. Diakses pada 24 Desember 2015
Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Djam’an, Satori. 2010. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka
Hamzah, 2007. Profesi kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nana, SyadihSukmadinat. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta:PT Remaja Rosdakarya
Sabri, Ahmad. 2007. Strategi Belajar Mengaja dan Micro Teaching. Ciputat: PT Ciputat Press
Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Saputri, Dea Natalia. 2013. Pengaruh Micro Teachingdan Bimbingan Guru Pamong terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLFKIP UNS Surakarta.http://jurnal.fkip.uns.ac.id. Diakses pada 24 Desember 2015
Sistiani, Dwi. 2009. Hubungan Antara Mata Kuliah Micro Teachingdan Minat Menjadi Guru Terhadap Kesiapan Mengajar dalam Mata Kuliah Praktek Program Pengalaman Lapangan pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id. Diakses pada 24 Desember 2015
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Subana, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabe.
Sugiyono,2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.