PENGARUH FAKTOR MINAT DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUSANGAN SELATAN KABUPATEN BIREUEN
Abstract
ABSTRAK
Â
Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya minat belajar dan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran, sehingga berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengatahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Selatan Kabupaten Bireuen. Pendekatan penelitian ini digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskripsi penelitian. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Selatan berjumlah 50 siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif minat belajar terhadap hasil belajar maka apa bila semakin tinggi minat belajar maka akan semakin tinggi hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Selatan Hasil diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif kesiapan belajar terhadap hasil belajar maka apa bila semakin baik kesiapan belajar siswa maka akan semakin tinggi tingkat hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Selatan. Hasil diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif minat dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar maka apa bila semakin baik kesiapan belajar siswa maka akan semakin tinggi tingkat hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Peusangan Selatan.
Â
Kata Kunci: Minat Belajar, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar
References
DAFTAR PUSTAKA
Susanto.2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Cenana Prenada Media Grup.
Amri, Khusnul. 2011. Pengaruh Ketrampilan Guru Mengolah Kelas Menurut Persepsi Siswa Terhadap Minat Belajar Pkn Siswa di SMK Negeri 1 Bandar Lampung Tahun 2010/2011. Universitas Lampung, Diakses 20 Maret 2019.
Arikunto. 2010. Prosudur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, S. B 2008. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.
Hurlock. 2012. Perkembangan Anak, Jilid 2 .Jakarta: Erlangga.
Kuswahyuni. 2009. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Kesiapan Menghadapi Ujian Akhir pada Siswa Kelas VI A3 SDN Sedang Mulyo 03 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Semarang : IKIP PGRI Semarang, diakses 25 Maret 2019.
Machfoedz. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta : Fitramaya.
Manihuruk, Evalina. 2012. Pengaruh Kreativitas Guru Mengajar dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 (Skripsi). Bandar Lampung. Universitas Lampung, diakses 31 Maret 2019.
Mosik. 2016. Metode Diskusi Buzz Group Dengan Analisis Gambar Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Physics Education Journal 5 (1). Universitas Negeri Semarang
Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Rizki. 2014. Hubungan Kesiapan Belajar Dengan Optimisme Mengerjakan Ujian. Educational Psychology Journal. EPJ 2 (1). Universitas Negeri Semarang
Sagala. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta.
Sapriya. 2011. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosda Karja.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sirait. 2017. Pengaruh Gaya Dan Kesiapan Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Formatif 7(3): 207-218. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Ramaja Rosdakarya.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada Press Group.