PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MAN 5 ACEH UTARA

Authors

  • Marwan Marwan Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Syarifuddin Syarifuddin

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul  Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MAN 5 Aceh Utara. Tujuannnya adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan data tentang pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X MAN 5 Aceh Utara Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini   adalah  kuantitatif. Teknik pengumpulan data  dilakukan dengan menggunakan angket  angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisa data menggunakan regresi berganda. Perhitungan uji t menunjukkan bahwa t hitung = 0,008 > ttabel= 0,05 dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Hasil ini menunjukkan t hitung signifikan, sehingga Ho ditolak dan menerima Ha. Berdasarkan hasil tersebut, maka Ha dalam penelitian ini yang berbunyi “Ada pengaruh kompetensi professional  dan kompetensi pedagogic  guru ekonomi secara bersama terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X  MAN 5 Aceh Utaraâ€, diterima.Hasil perhitungan koefisien determinasi adalah R²= 0,01 = 10, %. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel bebas kompetensi  profesional guru dan kompetensi pedagogic  secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen prestasi belajar siswa sebesar 0,75% dan sisanya 75% dipengaruhi oleh sebab lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan cukup signifikan dari kompetensi profesional dan kompetensi   guru ekonomi  terhadap prestasi belajar pada siswa  MAN 5 Aceh Utara , sehingga semakin baik kompetensi  profesional dan kompetensi  pedagogik guru maka akan semakin baik pula prestasi belajar siswa.

 

Kata Kunci : Kompetensi profesional, kompetensi pedagogic,prestasi  

                      belajar   siswa.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anwar Saifudin , 2005, Metode penelitian, Bandung: pustaka belajar.

Arifin, 1991, Evaluasi Instruksional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto Suharsimi, 2002, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

________________, 2010, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin dan Wahyuni Esa Nur, 2007, Teori Belajar dan Pembelajaran.(Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Beck Robert C.. 1990. Motivation, Sydney: Intellectual Capital.

Darmadi Hamid, 2013, Dimensi-dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial, Bandung: Alfabeta.

Djumransjah, Abdul Malik Karim Amrullah, 2007,Pendidikan Islam, Malang: UIN-Malang Press.

Fattah Nanang, 2008, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hakim Thursan, 2000, Belajar Secara efektif, Jakarta: Pupsa Swara.

Hamalik Oemar, 2006, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah, 1994, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.

Hawi Akmal, 2010, kompetensi guru PAI, Palembang: Rafah Press.

Hilgard, 1977, Motivation: Theory and Research, California: Belmong.

Janawi. 2012. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Kartono, 1995, Psikologi Anak, Bandung: Mandar Maju.

Margono, 2013, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Maspupah Jejen, 2011, Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan

Published

2020-09-03