UPAYA MENGATASI KETIDAKHADIRAN SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK KELAS XI SMKN 1 JEUNIEB KABUPATEN BIREUEN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama tiga bulan mulai Bulan Agustus s/d Bulan Oktober. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh Layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi permasalahan ketidakhadiran siswa kelompok siswa kelas XI SMKN 1 Jeunieb. 2) Pengaruh layanan Bimbingan Kelompok dalam menurunkan tingkat ketidakhadiran siswa kelompok kelas XI SMKN 1 Jeunieb. Pengumpulan data menggunakan soal tes angket dan wawancara yang dilaksanakan pada akhir siklus 1 dan 2. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, yang meliputi:1) Analisi deskiptif komparatif hasil layanan bimbingan yang berisikan data dengan membandingkan hasil layanan bimbingan dengan indikator pada siklus I dan II
2) Analisis deskriptf kalitatif hasil observasi dengan cara membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan IIHasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai perolehan pada silkus pertama dari 15 siswa yang bermasalah dengan tingkat kehadiran yang mencapai 123 hari pada bulan Juli. Setelah diadakan empat kali bimbingan tingkat ketidakhadiran pada bulan Agustus/September menurun menjadi 44 hari tingkat ketidakhadiran mengalami penurunan mencapai 54.56%. dari kondisi awal,serta mengalami penurunan yang signifikan menjadi 12 hari dari 10 siswa yang bermasalah, pada bulan September/Oktober dengan persentase penurunan tingkat ketidakhadiran mencapai 90,25% dari kondisi awal.
Kata Kunci; Ketetidakhadiran Siswa Layanan Bimbingan Kelompok