STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN KOPI DI ACEH TENGAH
Abstract
ABSTRAK
Kopi Gayo merupakan varietas kopi yang menjadi salah satu komoditi unggulan yang berasal dari dataran tinggi Gayo, Aceh, Aceh Tengah, Indonesia. Kopi Gayo telah mendapatkan Fair Trade Certificate dari Organisasi International Fair Trade. Dari pengakuan tersebut kopi gayo banyak diminati oleh negara-negara besar di Amerika, Eropa dan Asia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang terdiri dari bauran produk, harga, promosi, serta tempat atau saluran distribusi yang dilakukan perusahaan kopi Gayo di Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan enam pengusaha dari masing-masing perusahaan yaitu CV. Aman Kuba, CV. ORO. Kopi Gayo, Lakun Kupi, Bumi Aceh Kopi, UD. Gani, dan Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan Kopi. Selain wawancara dilakukaun juga penulusuran dokumen tentang informasi tamabahan produk yang mereka hasilkan. Teknik analisis data mengikuti tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa keenam perusahaan tersebut sudah menerapkan strategi pemasaran, baik dari segi bauran produk yang mempertimbangkan kebutuhan, dan selera konsumen , penetapan harga yang stabil berdasarjan jenis produk, promosi yang gencar diakukan melalui social media seperti web, wa, fb, instagram, pameran, serta personal selling. Dalam memasarkan produknya perusahaan memilih tempat-tempat strategis, baik untuk lokasi perusahaan maupuun saluran distribusi lainnya sebagai penjual produk mereka. Perusahan juga sudah mampu memasarkan produknya ke Sumatera Utara, Pulau Jawa, Bali dan sekitarnya bahkan ke luar negeri seperti Amerika Serikat, Eropa dan Asia
Kata kunci: Strategi pemasaran, perusahaan kopi