HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN IPS SMA NEGERI 1 GANDAPURA

Authors

  • Yenni Agustina Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Serambi Mekkah
  • Faizin Faizin Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim
  • Yulial Fadhla Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa dapat dihubungani lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Gandapura. Hubungan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Gandapura. Hubungan lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Gandapura. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas siswa  sebanyak 89 siswa. Teknik analisis korelasi dan signifikan t. Hasil penelitian pada terdapat hubungan lingkungan keluarga antara prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Gandapara sebesar 0,766 > 0,4973 pada kategori sangat kuat. Terdapat hubungan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Gandapara sebesar 0,847 > 0,4973 pada kategori sangat kuat.

 

Kata Kunci : Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan prestasi belajar siswa.

Published

2021-08-14