PEMBELAJARAN ARIAS SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMKN 1 JEUMPA KABUPATEN BIREUEN

Penulis

  • Sri Herlina Bidang Studi Bahasa Indonesia SMK Negeri 1 Jeumpa

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran siswa kelas XI TKR mata pelajaran  Bahasa Indonesia materi  Menyusun Teks Prosedur  Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini pengumpulan data  menggunakan soal tes tulis dan praktek yang dilaksanakan pada akhir siklus I  dan II. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, yang meliputi:1)Analisi deskiptif komparatif hasil belajar yang berisikan dengan data membandingkan hasil belajar dengan indikator pada siklus I dan II. 2)Analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan cara membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I dari 22 jumlah   siswa  17 siswa (77.27%)  persentase ketuntasan dan pada siklus II meningkat menjadi 19 siswa (86.36% ) siswa tuntas pembelajarannya. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran ARIAS Sebagai Alternatif dapat Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan. di SMKN  1 Jeumpa Kabupaten Bireuen

 

Kata Kunci :  Pembelajaran ARIAS , Kualitas Pembelajaran

Referensi

DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-27