PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Peusangan kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto .Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMA Negeri 2 Pesangan Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel dari penelitian ini berjumlah 89 orang siswa yang terbagi dalam 3 kelas dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan dengan angket yang terdiri dari angket minat belajar dan angket kesiapan belajar. Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini digunakan uji t dan uji F. Hasil pengujian hipotesis I (pengaruh minat terhadap hasil belajar) menggunakan uji parsial diperoleh thitung (8,360) > ttabel (1,99) dan nilai signifikansi (0,000) < α (0,05), yang artinya bahwa Ho ditolak, maka terdapat pengaruh positif minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Peusangan. Hasil pengujian hipotesis II (pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar) menggunakan uji parsial thitung (3,203) > ttabel (1,99) dan nilai signifikansi (0,002) > α (0,05), yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh positif kesiapan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Peusangan. Dari hasil perhitungan uji F, diperoleh Fhitung (528,762) > Ftabel (3,104) dan nilai signifikansi (0,000) < α (0,05), yang artinya Ho ditolak, maka dapat dinyatakan bahwa variabel minat belajar dan kesiapan belajar secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Peusangan, artinya semakin optimal minat belajar dan kesiapan belajar maka hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa semakin baik.
Kata Kunci : Minat Belajar, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar