PENGARUH PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN CAFE DE FAREE BIREUEN

Penulis

  • Faizin Faizin Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen
  • Nur Fathanah Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Almuslim-Bireuen

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul Penggaruh Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Cafe De Faree Bireuen.Tujuannya untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan konsumen Cafe De Faree Bireuen. Menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen Cafe De Faree Bireuen Pengambilan sampel dalam penelitian sebanyak 80 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan ditemui peneliti yang dipandang cocok bisa dijadikan sampel. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen kepuasan konsumen. Hal ini dapat di buktikan dari variabel independen nilai t hitung > t tabel nilai t hitung  variabel pelayanan 5.455, variabel lokasi 4.520 degan t tabel 1.664, Secara simultan variabel pelayanan dan lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel = 70.427>3.12  dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05. Sedangkan nilai R= 0,641, artinya pelayanan dan lokasi mempunyai hubungan yangsignifikan terhadap kepuasan konsumen Cafe De Faree Bireuen dan Adjusted R Square (R2) sebesar 0,647 artinya sebesar 65% menyumbangkan perubahan variabel pelayanandan lokasi terhadap variabel kepuasan konsumen dan sisanya 35% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada di penelitian ini.

 

Kata-kata kunci: Pelayanan, Lokasi, Kepuasan Konsumen

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-02