IDENTIFIKASI HAMBATAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PEUSANGAN

Penulis

  • Eva Amalia Putri
  • Zahara Amalia Putri
  • Mira Chairani Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan guru pada pelaksanaan pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 peusangan beralamat dijalan Medan-B.Aceh. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, Subjek penelitian adalah guru ekonomi kelas (I,II,III) IPS, yang mengajar di kelas Ips  pada tahun ajaran 2020-2021. Setting penelitian mengambil tempat di SMA Negeri 1 Peusangan. Metode dalam mengumpulkan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukan bahwa hambatan pelaksanaan pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Peusangan berupa: (1) Guru di SMA Negeri 1 Peusangan kurang bisa menguasai siswa dalam kelas saat proses pembelajaran berlangsung, guru juga tidak tepat waktu dalam memasuki jam pelajaran, guru terkadang tidak fokus terhadap materi yang diajarkan, serta sistem pembelajaran kurang optimal. (2)  Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran ekonomi di kelas IPS yaitu kurangnya minat siswa untuk belajar Ekonomi. (3) Upaya-upaya yang telah di lakukan oleh guru ataupun pihak sekolah dalam mengatasi hambatan pembelajaran yaitu guru berupaya mendampingi terus menerus siswa yang kurang memahami materi pelajaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-24