PENGARUH PENGGUNAAN KALKULATOR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI PENERAPAN INTEGRAL DI SEMESTER I JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

Authors

  • Suherman Suherman Prodi Pendidikan Biologi Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar mahasiswa jurusan teknik elektro pada materi penerapan integral. Salah satu sebab rendahnya hasil belajar adalah karena sebagian besar  mahasiswa tidak memahami dengan baik penggunaan kalkulator ilmiah pada proses penyelesain akhirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan kalkulator terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi penerapan integral di semester I jurusan teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pretest-posttest control group design. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda (uji t). Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa thitung = 1,97 dan ttabel = 1.68 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 42. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan kalkulator berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi penerapan integral di semester I jurusan teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe. 

                                                                                         

Kata Kunci: hasil belajar, penggunaan kalkulator, penerapan integral

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Boaler,J & Humphreys, C. 2005. Connecting mathematical idea : Middle School Video Cases to support teaching and learning. Portsmouth, NH : Heinemann

Hiebert, J & Human P, 1997. Making Sense: Teaching and learning mathematics with Understanding. Ports mouth, NH : Heinemann.

Lester, J & Charles, RI. 2003. Teaching mathematics through problem solving : Pre-K to G, Reston, VA : National Council of Teachers of Mathematics.

National Research Council. 2001. Adding it up: Helping children learn mathematics. J.

Reinhart, S. C. 2000. Never say anything a kid can say ! Mathematics Teaching in the Middle School, 5, 478-483.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Van de Walle, John A. 2007. Elementary and Middle School Mathematics, Boston : Pearson Prentice Hall

Published

2016-03-08