UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PEMBACAAN CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BIREUEN

Authors

  • Fatimah Fatimah SMA Negeri 1 Bireuen

Abstract

Laporan hasil penelitian ini menyangkut dengan kemampuan memahami pembacaan cerpen melalui model pembelajaran Kooperatif model TAI (Team Assisted Individualization) yang diberi judul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Pembacaan Cerpen Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bireuen.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Pembacaan Cerpen Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui nilai siswa, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Sumber data dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA.B SMA Negeri 1 Bireuen yang bejumlah 30 orang. Hasil penelitian pada akhir siklus I, siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 8 orang (26,67%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 22 orang (73,33%), selanjutnya ditinjau dari hasil observasi yang ditinjau oleh 2 orang pengamat terhadap aktifitas guru dan siswa diperoleh persentase rata-rata 71,85%. Sedangkan pada akhir siklus II, siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 3 orang (30%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 27 orang (90%), selanjutnya ditinjau dari hasil observasi yang ditinjau oleh 2 orang pengamat terhadap aktifitas guru dan siswa diperoleh persentase rata-rata 82,68%. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Model TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan aktifitas belajar mengajar serta Kemampuan memahami pembacaan cerpen pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bireuen. Kata Kunci: Memahami Pembacaan Cerpen, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization)

References

Alwi, Hasan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Abuddin. 2008. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana.

Depdikbud. 2000. Penelitian tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sadikin, dkk. 2002. Mari Mengangkat Bahasa Kita, Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media.

Harun, Mohd, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Banda Aceh.

Moleong, J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Satra Anak, Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yokyakarta: Gadjah Mada University Press.

Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada.

Riyanto. 2008. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rustam, dkk. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud.

Sayuti. 2002. Pengalian Karya Sastra. Universitas Sanata Dharma.

Sugiyono, 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Trisna, 2006. Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Media Utama.

Unsilster, 2011. Pengertian Cerpen Dan Ciri-Ciri Cerita Pendek. (online) (http://unsilster.com/2011/01/pengertian-cerpen-dan-ciri-ciri-cerita-pendek/,).

Published

2015-10-30

Issue

Section

Artikel