PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MASTER PADA MATERI THEOREMA PYHTAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 JULI
Abstract
Rendahnya hasil belajar dan aktifitas siswa dan guru merupakan salah satu masalah yang mendasar di SMP Negeri 1 Juli. Masalah yang diteliti adalah Apakah ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui model pembelajaran MASTER pada materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 1 Juli. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui model pembelajaran MASTER pada materi Theorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 1 Juli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.c SMP Negeri 1 Juli yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data melalui tes Awal, tes akhir dan observasi. Kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil observasi aktivitas pembelajaran kelas eksperimen yang meliputi aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran menunjukkan bahwa ada peningkatan pembelajaran ke taraf lebih baik lagi. Persentase rata-rata dua orang pengamat terhadap aktifitas guru untuk pertemuan kesatu diperoleh skor persentase rata-rata sebesar 85, 45% hal ini menunjukkan bahwa taraf keberhasilan aktifitas guru pada pembelajaran satu termasuk dalam kategori baik. Sedangkan aktifitas siswa pada pertemuan kesatu diperoleh skor persentase rata-rata sebesar 82,72 % hal ini menunjukkan bahwa taraf keberhasilan aktifitas siswa pada pembelajaran satu termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian proses pembelajaran dengan model Master pada materi Teorema Pythagoras dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Juli.
Â
Kata kunci : Pembelajaran Master, Kemampuan Komunikasi
References
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah, Jakarta: Depdiknas.
John A. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah,Jakarta: Erlangga
Johar, Rahmah, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Kholik, M. & Sugijono. 2003. Matematika SLTP Jilid 2A Kelas 2, Jakarta: Erlangga.
Rahman Nata Wijaya. 2008. Rujukan Filsafat, Teori, da Praktis ilmu pendidikan, Bandung: UPI Press.
Ratumanan. 2002. Belajar dan pembelajaran. IKAPI. UNESA Universitas Press.
Roestiyah. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. & Rivai, A. 2006. Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistika, Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sumarmo. 2002. Pengukuran evaluasi dalam pendidikan, Bandung: UPI.
Sutikno, S. (2013). Belajar dan
pembelajaran. Lombok: Holistica.
Syaban, Mumun. Menumbuhkembangkan daya Matematis Siswa. Pendidikan dan Budaya, (online), (http://educare,e-fkipunla.net, diakses 07 Juli 2014.
Sunata.(2009). Penerapan Pembelajaran Kreatif Model Treffinger untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI. Tidak diterbitkan.
Singh, Simon. (1998). Fermat's Enigma. New York: Anchor Books. hlm. hal. 20. ISBN 0-385-49362-2.http://id.wikipedia.org/wiki/Teorema_Pythagoras#Catatan_kaki, diakses 29 Agustus 2014