PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 PEUDADA

Authors

  • Hazanah Hazanah SMP Negeri 2 Peudada

Abstract

Penelitian ini dengan judul “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 2 Peudada†yang dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan model pembelajaran matematika dalam menyampaikan materi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 2 Peudada. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus penelitian yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, hasil wawancara, hasil catatan lapangan dan refleksi.Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan 1 kelas yaitu siswa kelas VIII/C SMP Negeri 2 Peudada Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan pre-test pada siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum pembelajaran, selanjutnya dikenakan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasi pada materi Lingkaran selama 2 jam pelajaran dengan 1 kali pertemuan. Setelah selesai pembelajaran, diberikan post-test untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Tes akhir tindakan siklus I diperoleh 15 orang peserta sudah memenuhi nilai ketuntasan belajar yang penulis tetapkan, dengan demikian persentase ketuntasan pada pelaksanaan tindakan I adalah  57,69%, hasil observasi terdapat aktivitas peneliti pada tindakan siklus I mencapai skor 90% dan hasil observasi aktivitas siswa mencapai 83,75%. Sedangkan tes akhir tindakan siklus II diperoleh 22 orang peserta sudah memenuhi nilai ketuntasan belajar yang penulis tetapkan, dengan demikian persentase ketuntasan pada pelaksanaan tindakan I adalah  84,62%, hasil observasi terhadap aktivitas peneliti pada tindakan siklus II memperoleh skor 94,2% dan hasil observasi aktivitas siswa mencapai 93,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Lingkaran di kelas VIII/C SMP Negeri 2 Peudada.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi, Hasil Belajar, Materi Lingkaran

References

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian.

Jakarta: Rineka Cipta.

Ardiansyah Asrori. 2009. Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi. http://digilip.Upi.edu/Pasca/Avalaible/etd-1124106-14592/.

Artikel.http://zainurie.files.wordpress.com/2007/12/ppp_pembelajaran_kooperatif.pdf

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi. Jakarta: BNSP

Djamarah, B dan Zain, A. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

Ibrahim, Nur dan M. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. http/writing colosteter. Edit/reference/experiment/indek. cfm: Internet.

Kanginan, Marthien. 2006. Matematika Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Laurel. 2001. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Persada Jakarta: PT. Grfinda Persada.

Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudrajat, A. 2009. Pembelajaran Metode Gruop Investigasi. http://akhmadsudrajat. Wordpres.com./2008/01/konsep- Gruop Investigasi /.

Sugiono. 2009. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Konterporer. Jakarta: IMSTEP.

Suryabrata, S. 2006. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Toha Muhammad, dkk. 2003. Matematika untuk SMP Kelas VIII Jilid B Semester 2. Banda Aceh: Dinas Pendidikan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Trianto, 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana

Published

2017-01-01