PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 1 PEUSANGAN SELATAN PADA POKOK BAHASAN SIKLUS HIDROLOGI

Authors

  • Cucut Satria Barona Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Almuslim, Bireuen

Abstract

Penggunaan media gambar merupakan salah satu cara belajar mengajar yang dapat membangkitkan motivasi dan keaktifan siswa pada pokok bahasan siklus hidrologi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Peusangan Selatan pada kelas X tentang pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Peusangan Selatan pada pokok bahasan siklus hidrologi. Penelitian ini melibatkan 38 siswa terdiri dari : dua kelas yaitu kelas X-2  sebanyak 19 orang yang diajarkan dengan menggunakan media gambar dan kelas X-1  sebanyak 19 orang yang diajarkan tanpa menggunakan media gambar. Data yang didapat berupa nilai tes yang diberikan setelah pembelajaran selesai dilakukan. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan statistik student (uji-t) yang menggunakan uji pihak kanan. Diperoleh thitung = 2,34, ttabel dengan (α) = 0,05 dan dk = 78 adalah 1,66 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,34 > 1,66, maka Ho ditolak yang berarti Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan media gambar lebih baik dari pada hasil belajar yang diajarkan tanpa media gambar pada siswa kelas X  SMA Negeri 1 Peusangan Selatan.

 

Kata Kunci           : Media Gambar, Hasil Belajar, dan Siklus Hidrologi.

References

Alipandie, Imansyah. (2003). Didaktik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya: Usaha Nasional.

Anitah, Sri. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2001). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (2001) Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Published

2017-08-01