UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA

Authors

  • M Taufiq Prodi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim
  • Dasniati Dasniati Prodi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim

Abstract

Penelitian tentang upaya meningkatan keterampilan proses siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi cahaya dan sifat-sifatnya, yang dilaksanakan di SD Negeri 4 Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk  untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa terhadap  model Discovery Learning pada materi cahaya dan sifat-sifatn . Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitati deskriptis denga jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) . Analisis data menggunakan rumus statistik sederhana dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata persentase hasil analisis keterampilan proses siswa sebesar 60% pada siklus I dan meningkat pada siklus II yaitu 88,6 %  melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi cahaya dan sifat-sifatnya.  Rata-rata aktivitas belajar guru pada siklus I sebesar 80% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92 %, sedangkan kegiatan siswa pada siklus I sebesar 66% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,5%. Peningkatan tersebut semakin diperkuat dengan respon siswa yang mengatakan mereka senang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning.

 

Kata kunci : Keterampilan Proses, Model Discovery Learning.

References

Arikunto, S.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. BumiAksara

Devi. 2015 . Cahaya dan Sifatnya. (Online) http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/KONSEP_DASAR_FISIKA/BBM_8_%28Cahaya_dan_alat_Optik%29_KD_Fisika.pdf. Diakses tanggal 7 Desember 2015.

Kusumah,W. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Indeks

Moleong, L. J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya

Murtiningsih, E. 2010. Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Jawa Barat: Direktorat Jendral Pendidikdan Tenaga Kependidikan.

Ngalim, P. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evalusi Pengajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya

Trianto .2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Widiadyana, I.W., Sadia, I.W., Suatra, I.W. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa. E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 4. No 1.

Published

2018-01-01