PENERAPAN PEMBELAJARAN PARTISIPATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 6 LHOKSEUMAWE
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa; dan 2) aktivitas guru dan siswa melalui penerapan pembelajaran partisipatif di SMA Negeri 6 Lhokseumawe.Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Lhokseumawe yaitu 22 orang.Teknik pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi.Teknik pengolahan data statistik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) adanya peningkatan prestasi belajar siswa setelah penerapan pembelajaran partisipatif, yaitu peningkatan ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal siklus I (77,27%), siklus II (86,36%), dan siklus III (88,31%); dan 2) Aktivitas guru adalah membimbing siswa dalam melakukan diskusi, mendorong dan membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, guru bersama siswa saling belajar dengan cara bertukar pikiran mengenai isi, proses dan hasil kegiatan pembelajaran dan melakukan penyampaian materi. Aktivitas siswa adalah melakukan diskusi, memecahkan masalah yang diberikan guru, bertukar pikiran mengenai isi, proses dan hasil kegiatan pembelajaran dan menulis dan menyimak materi yang diberikan guru.
Â
Kata kunci: Pembelajaran Partisipatif, Prestasi, Belajar.
References
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Imanuddin. 1990. ProsesBelajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Karli, Hilda. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: BagaimanaMengimplementasikan di Kelas?.Bandung: Generasi Info Media
Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhadi, dkk.2001. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sarwono.1999. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Press.
Shaleh, Abdul Rahman. 2005. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Grafindo Persada.
Sudjana, S. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.
Sukandi, Ujang. 2001. Belajar aktif dan terpadu:Apa, mengapa, dan bagaimana?.Jakarta:The British Council.
Suryosubroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.