PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA SIMULASI PhET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

Authors

  • Nanda Safarati Prodi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa dan aktivitas guru yang jarang menerapkan media pembelajaran dan kurang tepatnya strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran merupakan salah satu masalah yang mendasar di SMA Negeri 2 Peusangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan prestasi belajar siswa; 2) aktivitas guru dan siswa; 3) respon siswa melalui penerapan model kooperatif learning menggunakan media PhET pada materi fluida statis di SMA Negeri 2 Peusangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA4 SMA Negeri 2 Peusangan yaitu 29 siswa pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, angket. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penerapan model kooperatif tipe dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada setiap siklusnya. Siklus I 45%, siklus II 77%, dan siklus III 95%; 2) aktivitas guru pada siklus I 78%, siklus II 81% dan siklus III 90%, sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 73%, siklus II 76%, dan siklus III 88%; dan 3) respon siswa melalui media animasi.

 

Kata kunci: Model kooperatif tipe STAD, kemampuan kognitif, media PhET

References

A Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta.

Dahar, R. W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlanga.

Fauziah. 2016. Pengaruh Pembelajaraan fisika Berbasis Media Laboratorium Virtual PhET Terhadap Keterampilan proses sains dan Pemahaman konsep siswa Kelas X MA DDI tellu Limpoe Sidrap. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.

Marlinda, dkk. 2016. Perbandingan Penggunaan Media Virtual Lab Simulasi Phet (Physics Education Tekhnology) dengan Metode Eksperimen Terhadap Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 4, No.2, hal. 69-82.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumargo, Eko & Yuanita, Leni. 2014. Penerapan Media Laboratorium Virtual (Phet) Pada Materi Laju Reaksi Dengan Model Pengajaran Langsung. Jurnal Unesa Of Chemical Education. Vol. 3, No. 1, pp 119-133. ISSN: 2252-9454.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Prenada Media Group.

Yessiwati, Yuyun. 2018. Penerapan Media Animasi Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hukum Newton di Kelas X SMA Negeri 2 peusangan Tentang Gravitasi. Aceh: Universitas Almuslim.

Published

2019-01-01