PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PLANTET QUESTIONS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMAN 1 BIREUEN

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Prodi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim

Abstract

Hasil observasi lapangan dan wawancara dengan Ibu Haryati S.Pd selaku guru bidang studi matematika di SMA Negeri 1 Bireuen, salah satu materi matematika yang kurang dikuasai oleh siswa yaitu pada materi Trigonometri. Hal ini terjadi karena kebanyakan siswa masih beranggapan bahwa pelajaran matematika sulit untuk dipahami serta cara guru menyampaikan pelajaran masih didominasi dengan menggunakan model pembelajaran klasik. Siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran sehingga siswa lebih cenderung menunggu dan menerima sebatas apa saja yang disampaikan oleh guru. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan strategi pembelajaran planted questions. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran planted questions dan yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi Trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Bireuen. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bireuen. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan siswa kelas XI IPA3 yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Kelas XI IPA1 digunakan sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XI IPA3 digunakan sebagai kelas kontrol. Untuk mengumpulkan data dari kedua kelas yaitu dilakukan tes dengan soal dan waktu yang sama. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t serta taraf signifikan yang digunakan yaitu α = 0.05. Adapun hasil uji hipotesis diperoleh  yaitu 3.31 > 1.67 sehingga dapat dinyatakan bahwa prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran planted questions lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi Trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Bireuen.

 

Kata Kunci:  Strategi pembelajaran planted questions, trigonometri, SMAN 1 Bireuen, prestasi belajar.

References

Alwi, Hasan. 2003. KamusBesarBahasa Indonesia.Jakarta : BalaiPustaka.

Jelly, Ageng. 2007. Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efeltif, Dan Menyenangkan (PAKEM) Sub Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Bangun Persegi Dan Persegi Panjang Pada Siswa Kelas VIIA SMP N 1 Pujer Bondowoso. Jember: Universitas Negeri Jember.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Mustolih. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran, (Online). (http://mustolihtansasa.blogspot.com/2013/06/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html), diakses 20 Februari 2014

Nurhayati. 2012. Pengaruh Teknik Pembelajaran Buzz (Buzz Group) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Di Kelas XI SMA Negeri 3 Bireuen. Matangglumpangdua: Unimus.

Riduwan. 2008. Dasar – Dasar Statistika. Bandung: Alfabet.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Uno, Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan. Gorontalo. Bumi Aksara.

Published

2019-01-01