PENGARUH PENERAPAN PENGAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI PERSAMAAN DIFERENSIAL DI SEMESTER II JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

Authors

  • Suherman Suherman Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar mahasiswa jurusan teknik Elektro pada materi Persamaan Diferensial. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar adalah karena sebagian besar  mahasiswa tidak memahami dengan baik konsep dasar Integral dan dasar-dasar aljabar yang merupakan materi prasyarat dari persamaan diferensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan pengajaran matematika melalui pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi persamaan diferensial di semester II jurusan teknik Elektro Politeknik Negeri Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan pretest-posttest control group design. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda (uji t). Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa thitung = 2,95 dan ttabel = 1,68 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 43. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan pengajaran matematika melalui Pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi persamaan diferensial di semester II jurusan teknik Elektro  Politeknik Negeri Lhokseumawe.

 

Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah, persamaan diferesial

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Boaler,J & Humphreys, C. 2005. Connecting mathematical idea : Middle School Video Cases to support teaching and learning. Portsmouth, NH : Heinemann

Hiebert, J & Human P, 1997. Making Sense: Teaching and learning mathematics with Understanding. Ports mouth, NH : Heinemann.

Lester, J & Charles, RI. 2003. Teaching mathematics through problem solving : Pre-K to G, Reston, VA : National Council of Teachers of Mathematics.

Reinhart, S. C. 2000. Never say anything a kid can say ! Mathematics Teaching in the Middle School, 5, 478-483.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung ; Nusa Media.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sumarmi. 2012. Model- model Pembelajaran

Geografi. Malang : Aditya Media

Publishing

Van de Walle, John A. 2007. Elementary and Middle School Mathematics, Boston : Pearson Prentice Hall

Published

2019-08-20