PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PEUSANGAN
Abstract
Kegiatan praktikum yang diterapkan selama proses pembelajaran membuat siswa lebih terfokus dan lebih tertarik untuk belajar, sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan hasil dan minat belajar siswa; 2) aktivitas guru dan siswa; 3) respon siswa terhadap model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) pada konsep sifat-sifat cahaya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 3 Peusangan semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes akhir pada setiap siklus, lembar penilaian angket minat pada setiap siklus, dan angket respon siswa. Teknik analisis data berupa deskriptif persentase. Simpulan data menunjukkan: 1) adanya peningkatan hasil dan minat belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) pada setiap siklusnya. Peningkatan hasil belajar persiklus (55 %, 70 %, 95 %), dan peningkatan minat belajar siswa persiklus (68%, 85%, 93%); 2) aktivitas guru persiklus(78 %, 84 %, 96 %), dan aktivitas siswa persiklus (77%, 80 %, 89%); 3)respon siswa terhadap penerapan model Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase keseluruhan yang menjawab sangat setuju 88 %. Dengan demikian, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada konsep sifat-sifat cahaya di kelas VIII SMP Negeri 3 Peusangan.
Â
Keywords: VAK, minat belajar, hasil belajar.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta
Deporter. 2013. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Shoimin, Aris. 2013. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sumantri, Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suprijono, A. 2011.Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suparman S, 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan. Jogjakarta: Pinus Book Publisher.