IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INOVATIF DAN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

Authors

  • Nurmina Nurmina Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Almuslim
  • Mariana Mariana

Abstract

Banyak siswa beranggapan bahwa bahasa Indonesia adalah sesuatu hal yang sangat mudah dan tidak perlu dipelajari secara serius karena bahasa Indonesia merupakan bahasa sehari-hari yang digunakan oleh kebanyakan siswa. Selain itu, siswa juga beranggapan pelajaran Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang tidak pasti, penuh dengan argumen, serta imajinasi. Citra Bahasa Indonesia di mata siswa menjadi tidak baik, mereka lebih tertarik kepada pelajaran eksak karena memuat materi yang menarik dan real, yang sesuai dengan kehidupan nyata. Anggapan tersebut tentunya tidak boleh dibiarkan dan masalah tersebut harus dipecahkan. Melalui kegiatan PDS ini, peneliti berkolaborasi dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Peusangan, yaitu ibu Mariana, S.Pd. mencoba merancang dan melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia yang inovatif dan kreatif. Dengan pembelajaran inovatif dan kreatif tersebut  Bahasa Indonesia menjadi pelajaran yang dicintai dan diminati siswa. Kegiatan PDS ini dilakukan di SMP Negeri 1 Peusangan, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu siswa kelas VIII semster ganjil tahun ajaran 2019/2018, dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga bulan, mulai bulan Agustus sampai bulan Oktober 2018 dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. PDS ini dilakukan dengan empat kegiatan, yaitu 1) observasi proses pembelajaran, 2) menyusun perangkat pembelajaran (RPP), 3) melaksanakan proses pembelajaran, dan 4) melakukan refleksi. Hasil dari PDS ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dirancang secara berkolaborasi antar dosen dengan guru bidang studi bahasa Indonesia menghasilkan pembelajaran yang sangat efektif dan kreatif. Hal ini dikarenakan adanya perpaduan ide-ide antara guru dan dosen dengan saling. saling bekerja sama dalam menciptakan dan mengelola pembelajaran yang berkualitas sehingga siswa mengikuti pembelajaran dengan bermakna. Selain itu, kegiatan PDS ini juga juga dapat saling sharing pengalaman dan saling memberikan informasi-informasi baru tentang pendidikan. Dari segi siswa, mereka sangat menikmati pembelajaran yang diajarkan dan mereka berharap pembelajaran seperti itu terus dilakukan di kelas mereka sampai kapanpun. Dengan PDS ini dapat menciptakan dan menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif, kreatif, inovatif, serta menyenangkan bagi siswa.

 

Kata Kunci : pembelajaran inovatif dan kreatif, pelajaran Bahasa Indonesia

References

Asrori, Mohib. 2010. Penggunaan Model Belajar Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad. 2015. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Muyatiningsih, Endang. 2010. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Widodo, Rachmad. 2009. Model Pembelajaran Snowball Throwing. Jakarta:Bumi Aksara.

Published

2019-08-01