E-LEARNING SEBAGAI FASILITAS UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN MAHASISWA BAHASA INGGRIS PADA MATA KULIAH TEFL

Authors

  • Silvi Listia Dewi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Almuslim
  • Misnar Misnar
  • Nafsul Muthmainnah

Abstract

Teaching English as a Foreign Language (TEFL) adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa FKIP Almuslim jurusan Bahasa Inggris semester V sebelum praktik mengajar di lapangan. Mengoptimalkan belajar bahasa Inggris pada mata kuliah TEFL adalah salah satu cara untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris dan kemampuan mengaplikasikan berbagai strategi pembelajaran dalam Bahasa Inggris yang segala informasinya dikemas dalam bahasa tersebut.. Salah satu cara untuk mengasah kemampuan mahasiswa tersebut adalah dengan memberikan fasilitas yang berinovasi dalam proses belajar mengajar yaitu E-learning. Seiring perkembangan teknologi yang semakin tinggi perananya dalam segala aspek maka E-learning juga ikut  memiliki peran yang luar biasa terhadap suatu keberhasilan dalam proses belajar mengajar dengan kata lain E-learning menjadi fasilitas dalam mengoptimalkan pembelajaran Bahasa Inggris pada mata kuliahTEFL.

 

Kata Kunci: TEFL, E-Learning

References

Al-Mahrooqi, Rahma. Troudi, Salah dan Oman. 2014. Using Technology In Foreign Language Teaching. Sultan Qaboos University dan University Of Exeter, United Kingdom. Cambridge Scholars Publishing. UK. Hal 1.

[email protected] : e-learning, Panduan Cara Penggunaan Sistem Informasi E- learning

Deerajviset, Poranee. Harbon, Lesley. 2014. E-learning in EFL education in Thailand’s higher education: The role for lecturers making it work. Khon Kaen University dan University of Sydney. University of Sydney Papers in TESOL. Hal 37.

Haron, Nurul Nadia, Zaid, Yasmin Hanafi, Ibrahim Noor Airen. Tidak ada tahun. E- Learning as a Platform to Learn English among ESL Learners: Benefits

Barriershttps://www.researchgate.net/publication/306119651_ELearning_as_a_Platform_to_Learn_English_among_ESL_Learners_ Benefits_and_Barriers (Diakses tanggal 17 November 2019).

Https://nandikusnindar.wordpress.com/2015/10/29/pemanfaatan-e-learning-dalam- pembelajaran-bahasa-inggris-artikel-oleh- nandi-kusnindar-nim-14865003/(Diakses tanggal 16 November2019)

Https://nandikusnindar.wordpress.com/2015/10/29/pemanfaatan-e-learning-dalam- pembelajaran-bahasa-inggris (Diakses tanggal 17 November2019)

Https://www.cae.net/advantages-of- elearning-for-language-teachers/ ( Diakses tanggal 16 November 2019).

Https://www.dexway.com/5-reasons-why- online-learning-is-more-effective/(Diakses tanggal 16 November2019)

Https://www.researchgate.net/publication/335232767_PEMANFAATAN_ELEARNING_UNTUK_MENGOPTIMALKAN_KETER AMPILAN_MENYIMAK_MAHASISWA (Diakses tanggal 17 November 2019)

Liu, Jing. 2013. E-learning in English classroom: Investigating factors impacting on ESL (English as Second Language) college students' acceptance and use of the Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (Moodle) Iowa State University,Iowa.

Soliman, A Nagwa. 2014. Using E-learning to Develop EFL Students’ Language Skills and Activate Their Independent Learning. English Department, The British University in Egypt, Cairo, Egypt.

Suharyanto dan Mailangkay, Adele B. L. 2016. Penerapan E-learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan . Vol 3. No 4.

Suharyanto. Mailangkay B.L, Adele. 2016. Penerapan E-learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. IKPIA Perbanas, Jakarta, Indonesia Jurnal ilmiah wydia. Vol 3 no 4.

Vega, De Nofia dan Arifin. Tidak ada tahun. Pemanfaatan E-Learnin Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Borneo, Tarakan.

Published

2020-01-01