PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERBANTUAN ALAT PERAGA PAPAN TURUNAN

Authors

  • Novianti Novianti Prodi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim
  • Siti Khaulah

Abstract

Sulitnya dalam memahami konsep dalam matematika menyebabkan hasil belajar siswa menurun dari setiap tahunnya, terutama pada materi turunan. Setelah melakukan wawancara dengan beberapa siswa, diperoleh bahwa hamper sebagian besar siswa tidak memahami fungsi dan tujuan dari setiap materi dan tidak memahami dengan baik kosep dasar materi turunan serta dasar dasar aljabar yang merupakan materi dasar yang wajib  dipelajari. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui prngaruh hadil belajar siswa khusunya materi  turunan. Desain yang digunakan adalah pre-experimental, bentuk desain yang dipilih adalah one-group pretest-posttest  design. Dalam desain ini terdapat satu kelompok subjek yaitu kelompok eksperimen kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal kelompok eksperimen, selanjutnya diberi perlakuan dan diberi posttest. Dari hasil perhitungan korelasi, diketahui bahwa nilai korelasi antara variabel X dan variabel Y () yaitu 0,9832. Maka dari itu interpretasi nilai korelasi (r) berada pada interval 0,80 - 1,000 yang berarti bahwa terdapat korelasi sangat kuat. Uji beda (Uji t) diperoleh   yaitu 33,18  1,68. Maka keputusan statistik adalah diterima dan ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dapat mempengaruhi hasil belajar siswa berbantuan alat peraga papan turunan pada materi turunana pada siswa kelas XI SMA N 3 Bireuen.

 

Kata Kunci: Probing prompting, Hasil belajar, Turunan.

References

Anonim. 2005. Penilaian Hasil Belajar. Depdiknas.

Fudiyananta. 2005. Hasil Belajar dan Ppeningkatan hasil belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamdani.(2011:23).Model pembelajaran Probing Propmting. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Suherman. 1994. Strategi Belajar dan Mengajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Sudjana, Nana.(2010:5). Penilaiaan Hasil Proses BelajarMengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Widyastuti, Ayu, Dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 ANTOSARI KecamatanSelemadeg Barat. Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal PGSD Vol. 2 No. 1.

Published

2020-01-01