PENERAPAN BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA PROGRAM STUDI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS ALMUSLIM
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang begitu pesat sehingga mengubah pola pembelajaran dari konvensional menjadi pembelajaran inovatif. Salah satu pembelajaran inovatif yaitu dengan menggunakan model-model pembelajaran yang aktif, kreatif, serta menyengkan. Pembelajaran yang menyenangkan untuk zaman sekarang salah satunya adalah dengan menggunakan berbagai media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa menggunakan ICT dalam pembelajaran dan melatih kemandirian mahasiswa dalam belajar. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Almuslim, semester v, tahun akademik 2019/2020. Data penelitian ini berupa data hasil belajar mahasiswa dan data hasil respon mahasiswa. Teknik penelitian yang digunakan berupa tes dan angket.Hasil penelitian diolah dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Blended Learning pada mata kuliah Pembelajaran Apresiasi Sastra pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Almuslim sangat cocok diterapkan di zaman sekarang. Hal tersebut terbukti dari hasil tes yang telah dilakukan menunjukkan 85% mahasiswa mendapat nilai di atas rata-rata. Hal tersebut dikuatkan dengan hasil respons mahasiswa melalui angket. Hasil angket menunjukkan 100% mahasiswa memberikan respon yang sangat positif terhadap pembelajaran menggunakan e-learning. Mahasiswa merasa kuliah menggunakan e-learning sangat membantu mereka dalam memehami konsep-konsep, memecahkan masalah, serta sangat menyenangkan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Blended Learning sangat cocok atau efektif diterapkan.
Â
Kata Kunci: Blended Learning, Pembelajaran Apresiasi Sastra.
References
Ahmadi, Mukhsin. (1990). Strategi Belajar-Mengajar Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: Y A 3.
Aminuddin. (1995). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Fananie, Zainuddin. (2000). Telaah Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Jabrohim (ed).(2003).Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Kerjasama Hanindita Graha Widia [dan] Masyarakat PoetikaIndonesia-Yogyakarta.
Rahmanto, B. (1988). Metode Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Rusyana, Yus. (1982). Metode Pembelajaran Sastra. Bandung:Gunung Larang.