UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 PEUSANGAN PADA MATERI PENGOLAHAN DATA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALITAZION)
Abstract
Rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa kelas IV SD Negeri 4 Peusangan disebabkan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dalam proses pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga membuat pemahaman materi siswa berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Pengolahan Data melalui penggunaan model Team Assisted Individualitazion (TAI) pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Peusangan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil data tes yang meliputi tes awal dan tes akhir, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adannya peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa dimana pada hasil tes pra tindakan setelah rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 56,81 dengan persentase ketuntasan 27,28%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan nilai dengan persentase ketuntasan 81,81%, sedangkan pada tindakan siklus II meningkat menjadi 90,9%. Aktivitas guru pada tindakan siklus I memperoleh persentase skor sebesar 81,99% meningkat pada siklus II mencapai 90,66%. Sedangkan aktivitas siswa tindakan siklus I memperoleh persentase sebesar 82,66% meningkat pada siklus II mencapai 91,33%. Respon siswa terhadap proses pembelajaran sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas pembelajaran matematika pada materi Pengolahan Data dengan menggunakan model Team Assisted Individualitazion dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Peusangan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Team Assisted Individualitazion, Pengolahan Data.