ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP FISIKA DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

Authors

  • Siraj Siraj

Abstract

Kesulitan-kesulitan siswa adalah suatu masalah di mana siswa tidak dapat memenuhi harapan yang disyaratkan kepadanya baik harapan dari orang tua maupun dari pihak lembaga. Dalam penelitian ini sesuatu yang susah dipecahkan atau diselesaikan siswa dalam menyelesaikan soal-soal menyangkut konsep cahaya, meliputi 3 hal yaitu translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memahami konsep cahaya di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 139 siswa. Sedangkan sampel diambil kelas VII4 berjumlah 27 siswa,  VII5 berjumlah26 siswa, dan VII6  berjumlah 26 siswa.Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dan ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh mengalami kesulitan dalam memahami konsep cahaya. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam mentranslasi sebanyak 40% yaitu nomor soal nomor 4,8,9,10, kesulitan menginterpretasi sebanyak 90% yaitu nomor soal nomor 1,3,4,5,6,7,8,9,10 dan kesulitan mengekstrapolasi sebanyak 90% yaitu nomor soal nomor 2,3,4,5,6,7,8,9,dan 10.

 

Kata Kunci : kesulitan, siswa, konsep fisika

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Bina Aksara.

Harjono dan Widagdo Mangunwiyoto. 2004. Pokok-Pokok FISIKA SMP untuk Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Kanginan, Marthen. 2002. IPA FISIKA untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mariana, I Made Alit dan Wandy Praginda. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) untuk Program BERMUTU.

Suparman. 2007. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP dan MTs. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2016-01-26