PERSEPSI ORANG TUA PADA PRESTASI BELAJAR SISWA SD SELAMA PANDEMI COVID-19 DI GAMPONG ALUE UDEUNG
Abstract
Persepsi orang tua pada pembelajaran yang dilaksanakan guru selama pandemi covid 19 kurang memberi manfaat bagi siswa sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa kurang baik.Penelitian bertujuan mengetahui persepsi orang tua pada prestasi belajar siswa SD selama pandemi covid-19 di Gampong Alue Udeung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian deskripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua siswa SD Negeri 14 Peusangan di Gampong Alue Udeung berjumlah 12orang. Teknik pengumpulan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dan verifikasi. Tahap-tahap penelitian yang digunakan berupa pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, analisis data dan tahap pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orang tua terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan guru kurang baik, dan tidak memberi siswa menyukai belajar selama pandemi covid 19, konsep belajar yang diberikan belum mampu meningkatkan keingin siswa dalam mengikuti belajar selama pandemi covid 19. Tingkat prestasi belajar siswa selama pandemi covid 19 mengalami penurunan, namun orang tua sedikit ragu bagaimana evaluasi yang dilaksanakan guru dalam menilai akhir dalam menulisan rapor.
Kata Kunci:persepsi, orang tua, Gampong Alue Udeung