MEMBUAT PENILAIAN DALAM PENGAJARAN MATEMATIKA DI KELAS
Abstract
Penilaian seharusnya sebagai pelayan bagi Pengajaran matematika. Tanpa informasi mengenai keterampilan, pemahaman, dan pendekatan individu siswa terhadap matematika maka para pengajar tidak memiliki apa–apa untuk membimbing siswa belajar. Penilaian dalam pembelajaran matematika harus memuat enam standar penilaian yaitu: standar matematika, standar pembelajaran, standar keseteraan, standar keterbukaan, standar kesimpulan dan standar koherensi. Untuk mendapatkan kemampuan keterampilan matematika yang baik maka penilaian harus melibatkan : tugas, lembar observasi, menulis dan jurnal, dan penilaian lewat tes.
Kata kunci: Penilaian, standar matematika, keterampilan matematika
References
Arikunto, suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bush, W.S & Leinwand. 2000. Mathematics Assessement : A Practical handbook for Grade 3-5. Reston, VA: NCTM.
Lester, J & Charles,R.I 2003. Teaching Mathematics through Problem solving : Pre-K to G. Reston VA: NCTM.
National Council of Supervisors of Mathematics (NCSM). 1978. Position paper on basic mathematical skills. Mathematics Teacher 72, p.147-152.
National Council of Teachers of the Mathematics (NCTM). 1989. Curriculum and Evalution Standars for School Mathematics. Reston, VA: the Author.
National Council of Teachers of the Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Van De Walle, Jhon A. 2007. Elementary and Middle School Mathematics. Boston : Pearson Prentice Hall.