PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PASAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 JULI

Authors

  • Marwan Hamid
  • Nurasma Nurasma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada konsep pasar di kelas VIII SMP Negeri 3 Juli. Jenis penelitian eksperimen semu dan kelas VIII-a berjumlah 25 siswa dijadikan sebagai sampel penelitian diajarkan dengan model pembelajaran koopetarif  tipe Jigsaw. Data dianalisis dengan statistik uji-t. Berdasarkan perhitungan data diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 9,18 > 1,71. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada  pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada konsep pasar di kelas VIII SMP Negeri 3 Juli.

 

Kata kunci: Jigsaw, hasil belajar

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhaeni, Yani. 2011. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IX SMPN 43 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan . Vol. 12 No. 1, April 2011

Pratiwi, Dini Herguhtya. 2009. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri I Batang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Subana, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Suryabrata. 2003. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya. Prestasi Pustaka

Published

2016-01-26